5 Things (I Think) We Need To Doodle

Cover

Tidak perlu gadget dan peralatan yang mahal untuk bisa menikmati aktivitas ini, menggambar selain menyenangkan juga membuat badan dan pikiran saya sedikit lebih rileks (terutama hari hari belakangan ini).

Kali ini saya membahas 5 peralatan yang saya gunakan sebagai doodler amatir. Selain tidak mahal, barang barang ini dapat dengan mudah kita temukan di toko toko buku maupun online.

Sketch Book#1. Sketch Book. Saya beli di Muji (banyak bisa ditemukan di shopping mall – di sekitaran Jakarta Selatan ada di Pondok Indah Mall dan Kemang Village. Jumlah halamannya cukup banyak (I think around 100 – 120 pages). Kertas yang cukup tebal untuk black and white doodling ataupun jika ingin menggunakan pinsil warna. Tapi jika menggunakan brush coloring tools seperti copic setelah saya coba ternyata tembus kebelakang. Harga sketch book ini sekitar 45,000 rupiah.

Pencil#2. Pinsil dan Penghapus. Kebetulan saya memilih menggunakan pinsil mekanik. Lebih kepada alasan praktis untuk digunakan dan mudah untuk mencari refil-nya. Banyak varian pinsil yang ditawarkan dengan berbagai macam merek. Tertarik dengan material dan bentuknya – merek Kuru Toga ini saya beli sekitar 150,000 (lumayan mahal untuk sebuah pinsil mekanik), namun banyak merek lain yang jauh lebih murah dibandingkan dengan ini – hasilnya sama saja. Selain pinsil, mutlak diperlukan penghapus yang empuk dan baik. Sejak sekolah saya selalu membeli merek ini – Staedtler. Selain bersih juga harganya terjangkau.

Marker#3. Marker. Untuk marker – saya memilih merek Rotring. Juga dapat dibeli secara online. Saat ini yang saya gunakan adalah ketebalan 0.1mm dan 0.35mm – sudah mencukupi kebutuhan saya saat ini. 0.35mm pas untuk membuat outlining dan 0.1mm cocok digunakan untuk shadowing atau memberikan arsir.

 

Colorig Tools#4. Coloring Tools. Masih belum dapat saya kuasai dengan baik – perlu latihan terpisah nih untuk yang ini. Kebetulan ada yang memberikan satu set copic standard 12 warna sebagai teaser agar saya belajar mewarnai (Thank You Pak).

 

 

#5. Just Draw Freely. Well this is the most important thing I found, we just need to be free and creative. Ngga ada yang benar dan ngga ada yang salah, just draw. Ukuran badan dan kepala yang kurang simetris kadang kadang bisa menghasilkan gambar yang lucu juga. So enjoy drawing and enjoy learning it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s